Tulisan Terbaru

Perjalanan Personal Blog

By 28.10.13 , , ,

Udah update blog?
Ngapain ngeblog?
Pertanyaan umum yang paling banyak beredar di social media hari ini. Hari yang sejak 27 Oktober 2007 ditetapkan sebagai Hari Blogger Nusantara oleh Menkominfo saat itu Bapak M. Nuh diacara Pesta Blogger 2007.

Ok, balik ke pertanyaan pertama: "Udah update blog?"
Belum. Karena niatnya tulisan yang udah saya siapin baru akan di-posting hari Senin besok.

Tapi karena pertanyaan,"udah update blog?" beberapa kali saya baca disela-sela kesibukan hari Minggu di rumah saudara yang sedang ada pengajian, ternyata lumayan memancing saya untuk update blog saya dengan tulisan spontan ini. Dan, tulisan ini saya ketik dari gadget saya disaat hujan deras mengguyur kota Bogor.

Terus, "Ngapain ngeblog?"
Ok, jadi gini... ehm, ya saya harus cerita awal mula saya ngeblog. Jadi, sekitar tahun 2005 (antara pertengahan sampai akhir deh), salah satu sahabat saya yang saat itu tinggal di Singapore memperkenalkan saya dengan sebuah situs yang isinya menceritakan kesehariannya...semacam diary lah. Waktu itu saya belum tau kalau yang saya baca itu namanya "BLOG".

Karena ketika saya tinggal di Batam akses internet masih belum terlalu melekat dengan kehidupan saya 24/7 seperti sekarang, jadi saya baru akan baca "BLOG" kalau saya sedang menginap beberapa hari di rumah sahabat saya itu.

Baru pada 30 Januari 2006 pagi hari, saya menyengaja ke warnet terdekat hanya untuk create account di blogspot dan multiply. Satu-satunya alasan yang menguatkan saya untuk melakukan itu adalah karena saya ingin seperti orang lain yang tulisannya sering saya baca dan suka bikin saya terkadang senyum sendiri atau terkaget-kaget. Ngga ngerti soal DOs & DON'Ts-nya, ngga ngerti soal aturan main. Pokoknya pengen punya tempat buat nulis yang semua orang bisa baca tulisan saya. Dan... mmm... tulisan pertama saya, profil singkat tentang diri saya. Soalnya itu yang saya tau hehehe...

Mau tau URL-nya? Ini: meitymutiara.blogspot.com dan meitymutiara.multiply.com... kenapa pakai nama meitymutiara? Sederhana, saya ngga tau kalau url itu ngga mesti pakai nama kita. Di tahun yang sama, saya mendaftarkan diri untuk bergabung dengan komunitas Blogfam, gara-garanya saya mampir ke beberapa blog yang memasang banner Blogfam yang eye catching banget!

Akhirnya, saya mulai belajar menulis di dua tempat itu. Kaku banget! Sekali lagi, saya pikir bahasanya harus baku dan terstruktur. Ternyata gaya menulis setiap orang itu berbeda-beda dan itu jadi ciri khas pemiliknya. Kadang saya re-type artikel dari koran lokal yang menurut saya menarik dan entah kenapa saya spontan selalu menuliskan sumbernya. Oya, sebelum terlupa... saya juga pernah dapet hadiah URL blog dari sahabat saya dan suaminya lho! Cuma karena akhirnya saya jarang nulis lagi di sana, mereka minta ijin untuk menghapus URL itu. Sayang sih, tapi daripada ngga diapa-apain, lebih baik space yang tersedia digunakan untuk kebutuhan yang lain.

Singkatnya, dari yang sempat kagok kalau kata orang Sunda mah sampai saya bisa menulis untuk bercerita apa yang saya alami hari itu. Mulai dari ruas jalan di Batam ada yang kondisinya bisa membahayakan pengguna jalan, telepon kantor yang ngga berfungsi sampai kisah cinta saya yang hingar bingar dan berakhir dramatis... blog pertama saya hapus dalam suasana emosi jiwa! *sigh*

Saya sempat punya "secret blog" yang cuma saya dan beberapa temen aja yang tau. Isinya...ah, sudah lah! Yang pasti blog itu akhirnya saya hapus juga. Blog yang ini saya aktifkan lagi, tapi karena satu dan lain hal akhirnya saya create satu akun dengan URL meitymutiara.blogsome.com bertahan dari akhir 2007 sampai pertengahan April 2012 dengan blog ini sebagai hidden blog. Saya hapus lagi? Ngga! Tapi blog saya dihapus orang yang saya beri gelar banci kampung. Serius! Saya tau sepak terjang 2 blogger ini, saya tau mereka sangat intens menebar bibit-bibit kebencian. Dan karena blog saya dianggap sebagai rival atau hambatan, jadiii...ya gitu deh! Padahal saya ngga pernah sekalipun menulis tentang 2 orang ini, karena menurut saya ngga ada manfaatnya. Ok, saya ngga mau cerita lebih banyak soal si banci kaleng itu. 

Kehilangan blog yang sudah bertahun-tahun menyimpan tulisan-tulisan saya atau sekedar lirik lagu yang saya suka membuat saya memutuskan untuk dipublikasi lagi. Tapi ngga dibarengi dengan semangat untuk menulis, masih trauma! Sampai kemudian teman-teman dari Blog Detik seperti Karel dan Mas Gajah Pesing mengusulkan untuk buka akun di Blog Detik. Berhari-hari saya pertimbangkan usulan itu, sampai akhirnya saya punya meitymutiara.blogdetik.com! Sedangkan yang Multiply saat ini udah ngga ada, sesuai kebijakan dari pihak Multiply.

Nah, selanjutnya atas kompornya Om Bisot yang maha dahsyat, meitymutiara.blogspot.com berubah jadi meitymutiara.web.id! Pelan-pelan semangat saya aktif ngeblog lagi kembali, alasannya sederhana: udah pake domain berbayar tapi masih males ngeblog itu keterlaluan dan ngga bersyukur banget rasanya! Padahal banyak hal baik yang bisa dibagi melalui tulisan.

Bersyukurnya kemudian, saya sempat menyimak obrolan di timeline antara Ilham dan Tuteh tentang #PerangPostinganBlog.

Jadi, ngapain ngeblog sebenernya? Ehm... awalnya faktor ikut-ikutan, membiasakan diri, jadi kebiasaan. Kalau pun sempat ngambek, mungkin itu bagian dari proses...hehehe

~~~yang punya blog~~~

Selamat Hari Blogger Nasional untuk semua Blogger Indonesia!

Tulisan yang tertunda karena harusnya release kemarin kalau ngga ada kendala dengan jaringan internet... hehehe

Tulisan dengan kategori sama:

14 komentar

  1. selamat hari blogger nasional
    panjang umur, sehat selalu dan banyak rejeki #eh

    BalasHapus
  2. @Mas Gajah Pesing: Aamiin...Aamiin...Aamiin... biar bisa jalan-jalan buat update blog ya? Hehehe

    BalasHapus
  3. kompor maha dahsyat huehehe, Teh Meity sudah waktunya naik level ke domain sendiri kak, biar personal brandingnya maknyus, ibu RT blogfam gitu loh :p

    BalasHapus
  4. pantes ada jeda dari 2007 ke 2012. semangat kaka :)

    BalasHapus
  5. @Om Bisot: Hancur pertahananku untuk bertahan di free domain cuma dengan pertanyaan,"ngga mau punya personal domain?" :))

    BalasHapus
  6. @Om Brad: Hehehe... harus mulai semangat, apalagi udah pake domain berbayar :D

    BalasHapus
  7. Selamat hari blogger nasional, Kakak :D btw personal domain ini menggelisahkan saya juga sih ini *apa coba* hahaha...

    BalasHapus
  8. @Tuteh: Selamat Hari Blogger juga T! Haha...personal domain oh personal domain

    BalasHapus
  9. Haaeee, selamat hari blogger :) telat ye.
    Tapi kenapa komennya mesti setiap saat dimoderasi sih :(

    BalasHapus
  10. @Kak Indah: Selamat Hari Blogger juga. Dulu sempat ketemu di venue, tapi cuma senyum2 aja... blom kenal.

    Dulu ngga pake moderasi, jadi moderasi komen juga bagian dari perjalanan blog ini.

    BalasHapus
  11. Waah, jadi memang masih banyak cerita yang bisa disimak yaah, baeklaah.

    *kapan kita ketemuan lagii?*

    BalasHapus
  12. @Iqko: Masih banyak! Hahaha... ayo, ketemu! Nanti akan ada acara Potret Mahakarya di Plaza Bapindo, khusus untuk blogger. Ikut?

    BalasHapus
  13. Saya yakin acara Blogger Nusantara 2013 ini akan sukses. Sampai ketemu di sana ya..

    BalasHapus
  14. @Gamat Gold: Semoga ngga ada halangan untuk hadir di BN2013 :)

    BalasHapus