Tulisan Terbaru

Belajar Lewat #NgintipBareng Blogfam!

By 9.1.14 , , , , , ,

Saya ingin cerita tentang kebiasaan aja. Kebiasaan kopdar sambil belajar photography. Iya, kebiasaan kopdar sambil belajar photography itu sering terjadi dengan komunitas Blogfam yang jadi komunitas blogger pertama saya. Selalu ada yang dibahas.



Saya ingin cerita tentang kebiasaan aja. Kebiasaan kopdar sambil belajar photography. Iya, kebiasaan kopdar sambil belajar photography itu sering terjadi dengan komunitas Blogfam yang jadi komunitas blogger pertama saya. Selalu ada yang dibahas.

Mulai dari photo dengan smartphone dan aplikasi yang digunakan. Lalu merambah ke DSLR. Nah, kalau kamera secanggih ini sih biasanya saya suka ikutan belajar pakai kamera teman-teman yang datang dan bawa DSLR. Terbaru, Kamera Lubang Jarum (KLJ). Kalau KLJ ini yang menularkan virusnya Arie.

Dari keseringan seperti itu, muncullah ide untuk membuat kopdar yang khusus belajar photography. Khusus lho, bukan iseng lagi. Judul kopdarnya #NgintipBareng. Bukan ngintip yang ngga-ngga, tapi ngintip dari balik kaca kecil yang ada di kamera, atau layar besar yang ada di smartphone.

Kopdar #NgintipBareng Blogfam ini pertama kali digelar hari Sabtu, 4 Januari 2014 lalu di Taman Suropati Menteng mulai jam 4 sore sampai sepuasnya dengan tutor Bengsin. Sebelum dimulai, setiap peserta sharing pengalamannya tentang kamera, aplikasi dan foto. Nah, apa sih yang dipelajari saat #NgintipBareng kemarin itu?

Komposisi
Salah satu teknik komposisi menggunakan Rule of Third. Itu lho yang kalau pilih guide, akan muncul 9 kotak... 3 x 3. Nah, kotak-kotak itu bisa membantu kita untuk menentukan objek foto ada di mana. Yang penting seimbang dan enak dilihat.

Terus ada sudut pandang. Mmm... kalau ini contohnya mau foto orang gemuk seperti sayaaaa. Sebaiknya jangan langsung dari depan hadap-hadapan antara kamera dengan objek foto yang berdiri tegak lurus. Tapi cari sudut pandang yang membuat si objek foto tampak lebih tinggi, berarti posisi kamera dari bawah menghadap ke atas... atau dari atas menghadap ke bawah dengan posisi si objek foto yang agak miring, mukanya aga melihat ke samping. Jadi ngga terlalu terlihat gemuk. Seperti foto disamping ini...

Food Photography
Ternyata untuk membuat foto makanan yang menarik dan menggoda selera itu ada tekniknya juga lho! Selama ini kalau saya mau pamer makanan, selalu kamera ada di posisi atas menghadap kebawah dan merasa semua harus tertangkap oleh kamera supaya lengkap. Padahal katanya nih, ngga perlu semua, tapi ambil bagian yang menarik. Kalau sudah terlanjur gimana? Gunakan teknik crop.

Oiya, masalah pemilihan warna piring juga penting ternyata. Warna putih bisa membuat warna warni makanan akan lebih menarik. Mmm... pantas piring-piring di hotel atau restaurant itu selalu berwarna putih polos ya? Ternyata ada maksudnya. Di sebelah kiri ini ada 4 Food Photography hasil karya saya. Silakan dinilai :)

Membidik sunset
Ini bagian paling susah! Serius! Mungkin karena saya hanya mengandalkan Galaxy Tab 2 yang terbatas banget untuk menguasai semburat sunset, jadilah hasilnya berantakan saudara-saudara... hahaha...

Padahal kalau posisinya betul, kita bisa menangkap bulatnya matahari senja tanpa membuat orang yang difoto dengan latar belakang sunset hanya terlihat siluetnya saja. Yes, saya harus belajar lagi soal ini.

Masih di Taman Suropati, ketika matahari sudah tenggelam dan lampu taman sudah dinyalakan. Sesi belajar menggunakan lampu blitz. Di sini teman-teman yang siap dengan kameranya harus menangkap objek-objek yang sedang melompat... dan salah satu objeknya itu adalah... sayaaa hahaha

Selesai? Belum lah! Kami pintong ke Warung Tekko di Plaza Festival. Rencananya mau makan malam di sana. Sambil menunggu pesanan datang, sesi belajar masih berlanjut dengan objek utama DANBO!

Oh, iya... makan malam itu juga traktiran ulang tahun Salman... selamat ulang tahun Salman! Next #NgintipBareng bayarin karaoke yes? ^_^

~~~yang punya blog~~~

Belajar bisa dimana saja, dengan siapa saja. Yang penting jangan malu untuk belajar, karena belajar adalah bagian dari perjalanan hidup.

Tulisan dengan kategori sama:

10 komentar

  1. hmmmm tolong itu pernyataan terakhir di klarifikasi ahahaha *cem politikus aje hahaha*

    BalasHapus
  2. @Salman: Pernyataan yang manaaa? Yang karaoke? Itu mah bukan pernyataan, tapi harapan... it's a hope :))

    BalasHapus
  3. wa...kapan diadakan lagi..? jadi pengen ikutan sambil belajar...

    BalasHapus
  4. @Mas gajahpesing: awal bulan depan, tema prewed... *blink blink*

    BalasHapus
  5. Huuooowwww! foto nya cakep-cakep. Ternyata lebih seru waktu sore di banding malem. *sedih* gak mao telat ahh~ :(

    BalasHapus
  6. @Arie: mudah2an bulan depan bisa ikut dari awal ya

    BalasHapus
  7. wah nih, yg pada mau pinter motret, saya juga pengen dong diajari motret, hehe

    salam
    http://jarwadi.me

    BalasHapus
  8. @Mas Jarwadi: ayo! Bulan depan hari Minggu, 2 Feb 2014 mulai jam 10 pagi di Taman UI.Follow & mention akun twitternya @ngintipbareng ya mas... ditunggu

    BalasHapus
  9. seru bener, trims catatannya, jadi bisa ikutan belajar teorinya hehehe cheer

    BalasHapus
  10. @Om Bisot: Yang punya Salman lebih lengkap tuh. Ini catatannya lupa tambahin beberapa hal

    BalasHapus