Tulisan Terbaru

Keseruan #NgintipBareng Photo Prewed

By 4.2.14 , , , , ,

Hari Minggu, 2 Februari 2014 kemarin saya dan beberapa teman Blogfam kumpul lagi untuk ngintip bareng. Kali ini diramaikan juga oleh teman-teman dari Komunitas Nikon Fotografi. Nah, ngintip bareng kemarin tentang Photo Prewedding.

Tapi saya baru berangkat lewat dari jam setengah empat sore karena sempat terhadang hujan sesaat ketika siap berangkat. Sekitar jam 4 sore saya sudah bergabung dengan Dahlia, Mas Fayyas, Ragil dan Yudha aka Bengsin. Sambil menunggu yang lain, saya dan Dahlia sempat ngobrol gaje. Ngga lama datang teman-teman dari Komunitas Nikon Fotografi. Horeeeee rame!

Eh, tapi model untuk hari ini batal hadir euy! Jadi gimana? Mmm... mmm... show must go on! Saya dan Dahlia nyamperin 6 orang mahasiswa/i Arsitek Trisakti yang sedang istirahat, ngga jauh dari tempat kami duduk-duduk. Setelah kami memperkenalkan diri, Dahlia yang minta kesedaan Adel dan Chris untuk menggantikan model yang berhalangan hadir. Untungnya mereka mau! Kalau ngga, aduh... kami harus keliling Taman Menteng untuk cari model pengganti!

Tema

Nah biasanya kan kalau foto Prewed itu ada temanya tuh, seperti glamour, piknik, hobi, dll. Karena sejak awal dipilih tema casual – be your self, ya pas banget dengan model penggantinya! Dan karena di Ngintip Bareng ini juga sifatnya masih belajar, berbagi dan sama-sama review. Jadi ngga ada acara ganti baju, ngga ada make up tebal.


Lokasi
Awalnya dipilih Taman Universitas Indonesia di Depok. Karena denger-denger disana lokasinya keren, dan sering jadi lokasi orang-orang yang ingin membuat foto prewedding. Tapi karena faktor cuaca dan melihat kondisi alam, akhirnya lokasi dipindah ke Taman Menteng. 

Di Taman Menteng ada Rumah Kaca yang walaupun kita sebagai pengunjung ngga bisa masuk ke dalamnya, tapi bisa menjadikan Rumah Kaca sebagai salah satu latar belakang yang menarik selain air mancur, lapangan rumput yang hijau, taman bermain dan berbagai tanaman tentunya.

Komposisi
Lagi-lagi, soal komposisi diingatkan, seperti rule of third. Soal sudut pengambilan, dibebaskan. Supaya setiap peserta bisa saling belajar dengan melihat hasil teman-teman yang lain.

Soal sudut pengambilan ini jadi pemandangan yang seru banget. Karena demi mendapatkan hasil yang ok, totalitas (pinjem istilah Ragil) seorang yang belajar photography pun jadi pemandangan yang menarik... ada yang rela duduk, jongkok, tiduran.

Latar Belakang
Seperti yang disinggung di atas, keragaman yang ada di Taman Menteng jadi pilihan yang menarik untuk dijadikan latar belakang. Tapi, namanya taman, pasti ramai orang yang lalu lalang.

Nah, gimana caranya supaya latar belakang yang kita pilih membuat orang yang melihat hasilnya fokus pada objek foto, dan menjadikan latar belakang hanya sebagai pendukung dari sebuah cerita yang ada di foto tersebut nantinya. Katanya gini, usahakan latar belakangnya ngga terlalu ramai. Supaya orang yang fokus pada objek foto ngga pecah.


Terus, ketika lokasi pindah ke sebuah bangku taman di salah satu sudut Taman, ada tiang yang agak mengganggu ruang gerak teman-teman. Gimana caranya? Minta model untuk bergeser ke sisi lain bangku yang mereka duduki. Supaya kita lebih leluasa untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Komunikasi Dengan Model

Penting banget untuk komunikasi dengan objek foto alias model. Kenapa? Supaya suasananya ngga kaku, supaya terjadi interaksi yang santai, supaya sama-sama tau maunya seperti apa, supaya lebih seru dan hasil maksimal sih pastinya.

Mulai dari memperkenalkan diri masing-masing, komunikasi selama proses foto berlangsung, bahkan ketika kegiatan ini berakhir pun diharapkan komunikasi tetap terjaga dengan baik. Itulah kenapa, sebelum kami berpisah kemarin, saya sempat minta alamat e-mail, Facebook, Twitter dan no hp Adel dan Chris. Selain untuk share foto-foto kemarin, siapa tau setelah kegiatan kemarin itu, kita masih bisa bikin kegiatan bareng. Iya kan? Ya kan? Siapa tauuuu... 

Memanfaatkan Flash
Ini bagian seru menurut saya. Soalnya saya selama ini seringnya mengandalkan camera pocket, smartphone, dan kalaupun pinjem kamera DSLR punya adik atau temen ya flash-nya yang build in dengan kamera, ngga pernah memanfaatkan equipment tambahan seperti flash.

Yang pasti, kalau ada tambahan equipment tambahan flash, hasilnya emang lebih keren sih menurut saya hehehe...
Eh tapi kemarin waktu Ngintip Bareng pake background salah satu Rumah Kaca yang ada di Taman Menteng, Ragil ngasih tantangan gini,”gimana caranya pake flash tapi jangan sampai hasilnya rusak karena pantulan flash?”

Di sini seru lagi, karena ternyata teman-teman yang ikutan Ngintip Bareng mencoba beragam posisi untuk menghindari pantulan flash itu.

Dan sedang seru-serunya belajar, tiba-tiba gerimis! Selesailah kegiatan ngintip bareng kemarin yang ditutup dengan foto bareng dan juga... minta data Adel & Chris supaya teman-teman tadi sudah belajar photo Prewed bisa mengirimkan hasilnya ke mereka berdua.

Yang menarik dari kegiatan ngintip bareng kemarin adalah beberapa teman ada yang secara spontan memasukkan uang ke dalam kotak yang dibawa oleh mereka yang memang sedang ada di lokasi untuk cari dana.

Dari Taman Menteng, kami nyeberang ke 7-Eleven Menteng. Duduk-duduk di sana, ngobrol-ngobrol sebentar sebelum satu persatu pamit pulang. Sementara saya, Salman, Dahlia dan Mas Fayyas memilih untuk ke Plaza Festival untuk makaaan!

~~~yang punya blog~~~

Pulang dari Ngintip Bareng kemarin, puas banget rasanya. Karena bisa nambah ilmu dan nambah temen juga. Oh iya, untuk yang kemarin gagal ikutan... jangan sedih karena next Ngintip Bareng Blogfam bakal lebih seruuuu!

Tulisan dengan kategori sama:

10 komentar

  1. ah... cara daftarnya gimana? pengen ikutan..
    kapan diadakan lagi acara ini?

    BalasHapus
  2. waduh itu fotographernya sampe tidur2an gitu???

    BalasHapus
  3. @Gajahpesing: oh iya kelupaan! Gini, kalau ingin dapet update info ngintip bareng bisa follow akun twitternya @ngintipbareng ... nah, daftarnya bisa mention ke akun twitter itu atau email ke ngintipbareng@gmail.com dan cc ke blogfam@gmail.com. Untuk tanggal persis next ngintip bareng nanti akan dishare infonya via twitter.

    @om Bisot: hahaha iya, kata Ragil, "totalitas" hehehe

    BalasHapus
  4. @Gajahpesing: oh iya kelupaan! Gini, kalau ingin dapet update info ngintip bareng bisa follow akun twitternya @ngintipbareng ... nah, daftarnya bisa mention ke akun twitter itu atau email ke ngintipbareng@gmail.com dan cc ke blogfam@gmail.com. Untuk tanggal persis next ngintip bareng nanti akan dishare infonya via twitter.

    @om Bisot: hahaha iya, kata Ragil, "totalitas" hehehe

    BalasHapus
  5. wahahaha asik banget kok makanannya * ngga nyambung hahaha*

    BalasHapus
  6. @Salman: jaka sembuuuung :-)

    BalasHapus
  7. nanti lagi diusahakan ikut aaaah...

    BalasHapus
  8. @Beby: Iya ikut ya yang next ngintipbareng

    BalasHapus
  9. Wahhh... ternyata lebih seru dari sebelumnyaaa! *nangis kokosedan*

    BalasHapus
  10. @Arie: ahahaha... paaaan udah dibilangiiiiin

    BalasHapus